Tips And Trick Berlibur Murah Tanpa Mengeluarkan Uang Ala Backpankers

 

Setelah membahas bagaimana cara untuk backpackeran murah dengan dana seadanya, kali ini saya akan membahas tips and trick berlibur murah tanpa mengeluarkan uang seperserpun, baik itu untuk keluar kota ataupun keluar negeri, dengan catatan uang yang saya maksud disini adalah uang pribadi hasil bekerja keras sebagai seorang pegawai kantoran ataupun pengangguran kelas berat. Okey tanpa membuang banyak waktu lagi, di bawah ini akan saya coba kupas satu-persatu tips and trick nya:

 

1. Mengikuti Kontes Tulisan Travelling
Jika anda adalah orang yang mempunyai bakat menulis, sebaiknya jangan menyia-nyiakan atau memendam bakat tersebut, saat ini sangat banyak sekali kontes-kontes tulisan tentang travelling yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan maskapai penerbangan, majalah dan lain sebagainya. Sebelum mengikuti kontes tersebut, sebaiknya anda membaca syarat dan ketentuan yang berlaku dalam kontes tersebut dan juga lihat hadiah pemenangnya dalam bentuk apa ? misal dalam bentuk uang tunai sebesar Rp.5.000.000 ataupun tiket gratis pulang pergi plus akomodasi, sebaiknya anda langsung mengikuti kontes tersebut dengan bakat yang anda miliki. Biasanya untuk mengikuti kontes ini anda diwajibkan memiliki blog sendiri tentang perjalanan anda sebelumnya dan mem-follow akun Instagram, akun twitter dan akun fanpage facebook penyelenggara. Tidak perlu khawatir menang atau kalah, jika anda memenangkan kontes tersebut mungkin itu adalah rezeki anda tapi jika anda kalah jangan berkecil hati, anggap saja itu bukan rezeki anda, sebaiknya mengkoreksi diri apa saja yang kurang dalam penulisan anda, atau bisa saja isi tulisan anda sangat monoton untuk dibaca. Intinya jangan menyerah dan belajar dari kesalahan.


2. Mengikuti Kontes Photo Instagram
Siapa yang tidak suka berphoto di era pesatnya kemajuan teknologi saat ini ? Jika anda adalah orang yang gemar berphoto baik itu photo selfie atau bukan, sebaiknya simpan photo-photo tersebut, buatlah photo yang kamu ambil semenarik mungkin yang tidak pernah dilakukan oleh orang-orang, sedikit konyol tapi sopan dan menarik sangat tidak masalah. Misalnya kamu berphoto sambil loncat dengan gaya sedang bertapa atau loncat dengan gaya burung bango dengan mimik wajah yang konyol. Saat ini sangat banyak sekali kontes-kontes photo melalui Instagram yang dilakukan oleh perusahan-perusahan maskapai, fashion dan lain sebagainya. Sebelum mengikuti kontes tersebut, sebaiknya anda membaca syarat dan ketentuan yang berlaku dalam kontes tersebut dan juga lihat hadiah pemenangnya dalam bentuk apa ? misal dalam bentuk uang tunai sebesar Rp.2.000.000 ataupun tiket gratis pulang pergi plus akomodasi, sebaiknya anda langsung mengikuti kontes tersebut dengan mengirimkan photo yang menarik ataupun yang terlucu dan terkonyol yang anda miliki. Biasanya untuk mengikuti kontes ini anda diwajibkan memiliki akun instagram dan mem-follow akun Instagram, akun twitter dan akun fanpage facebook penyelenggara. Tidak perlu khawatir menang atau kalah, jika anda memenangkan kontes tersebut mungkin itu adalah rezeki anda tapi jika anda kalah jangan berkecil hati, anggap saja itu bukan rezeki anda, sebaiknya mengkoreksi diri apa saja yang kurang dalam photo anda, atau bisa saja gaya photo anda sama dengan kontestan lainnya. Intinya jangan menyerah dan belajar dari kesalahan.

 

3. Menjadi Kontributor Koran Atau Majalah
Jika anda adalah orang yang gemar jalan-jalan, jangan menyia-nyiakan perjalanan anda, sebaiknya tiap tempat yang anda pijak, anda dokumentasikan dalam bentuk photo atau video, sebab setiap detik adalah moment yang sangat indah. Setelah itu cari info sebanyak mungkin bagaimana akses untuk ke tempat tersebut, sebab sangat banyak koran ataupun majalah yang memiliki kolom khusus untuk travelling, setelah anda memilih photo yang paling bagus hasil karya sendiri, anda bisa langsung mengirimkan photo tersebut ke koran atau majalah yang disertai keterangan kapan photo tersebut diambil atau bisa juga digabungkan dengan mengirimkan tulisan tentang catatan perjalanan anda saat mengunjungi tempat tersebut. Biasanya pihak koran atau majalah yang tertarik dengan tulisan atau photo anda, mereka akan memberikan timbal balik dalam bentuk uang jika tulisan dan photo anda akan di publish, setiap koran atau majalah akan memberikan timbal balik yang berbeda-beda. Sebagai contoh timbal balik dari karya tulisan dan photo anda di hargai sebesar Rp. 300.000 saat di publish, sementara anda mengirimkan karya tersebut ke 5 koran atau 5 majalah yang berbeda dan semuanya mempublish karya anda, secara tidak langsung anda akan mendapatkan uang kaget sebesar Rp. 3.000.000, dengan catatan jika masing-masing koran atau majalah menghargai karya anda sebesar Rp.300.000.

 

4. Menjadi Photografer Dadakan
Dunia photograpy saat ini sedang mewabah dan menjamur, entah itu yang masih newbie ataupun yang sudah profesional, jika anda adalah orang yang mencintai dunia photography sebaiknya jangan pernah menyia-nyiakan hal tersebut, karena hal ini akan mendatangkan uang untuk anda sendiri, sebaiknya anda melakukan perjalanan yang sekiranya tidak mengeluarkan uang, misalnya pergi ke stasiun atau terminal, atau pergi ke gedung-gedung yang memiliki sejarah yang terdekat dari rumah, mulailah untuk mengambil photo dengan angle dan moment yang menurut anda sudah cukup bagus, kumpulkan semua photo hasil karya anda dan buatlah sebuah blog atau website yang isinya tentang gallery photo anda, jika anda beruntung mungkin akan ada yang membeli atau menyewa  hasil karya photo anda entah itu untuk kalender, flyer perusahaan dan lain-lain, atau anda akan mendapat tawaran menjadi juru photo di pelaminan, atau anda bisa juga membuat buku dengan tema gedung-gedung sejarah atau travelling yang berisikan photo-photo hasil karya sendiri.

 

5. Mencari Donatur/Sponsor
Dalam hal ini sebaiknya anda memikirkan lebih dalam lagi, karena untuk mencari donatur atau sponsor memang agak susah, ibarat orang yang sedang mancing di sungai atau empang yang belum tentu dapat ikan. Hal pertama yang anda lakukan adalah membuat proposal dengan isi yang semenarik mungkin untuk memikat para calon donatur atau sponsor. Contoh: tujuan anda untuk misi kemanusiaan dengan memberikan bantuan dalam bentuk sumbangan, memberikan pendidikan (mengajar), untuk membuat film dokumenter dan lain sebagainya. Jika semuanya sudah siap, anda harus menghampiri perusahan-perusahan yang sudah anda tentukan dan targetkan dengan berpakaian yang rapih sebagai nilai plus ketika menghadapi orang yang mau menjadi donatur/sponsor anda. Jelaskan semua isi dari tujuan proposal anda saat mempersentasikan dengan menggunakan kata-kata yang menarik, mudah dicerna dan tidak gugup. Jika ada sesi tanya jawab, sebaiknya anda menjawab pertanyaan-pertanyaan yang meyakinkan tapi tidak keluar dari topik pembahasan dan jangan pernah menjawab dengan jawaban yang gugup. Jika anda sudah mendapatkan donatur/sponsor, sebaiknya anda memanfaatkan hal tersebut sesuai dengan isi proposal anda, dan jangan lupa untuk mengirimkan photo atau video tentang aktifitas yang anda lakukan, hal ini sebagai bukti kalau yang anda lakukan adalah sesuai dengan isi dari proposal anda.

 

6. Membuka Kantor Tur Dan Travel
Menjamurnya kantor-kantor tur dan travel baik itu yang resmi ataupun perorangan, segera manfaatkan situasi ini melalui pengalaman-pengalaman anda yang pernah melakukan travelling sebelumnya, ketika anda berkunjung ke suatu tempat sebaiknya anda sekalian mencari info tentang harga penginapan, harga sewa perahu dan lain sebagainya yang mungkin bisa anda jadikan patokan untuk menentukan harga saat membuka trip dengan menawarkan fasilitas-fasilitas yang dikemas dalam bentuk paket atau anda juga bisa bekerjasama dengan warga setempat yang membuka paket tur dan travel dengan perjanjian jika anda membawa tamu sekian banyak (contoh: 15 orang), anda akan mendapatkan tiket gratis sebagai pengantar tamu menuju lokasi dan juga keuntungan yang beberapa persen dari perjanjian kerjasama. Jika anda sama sekali belum pernah melakukan travelling, sebaiknya anda mencari informasi melalui internet dan mengajak kerjasama dengan kantor tur dan travel setempat, dengan kata lain posisi anda disini sebagai calo tur dan travel.

 

7. Menumpang Kendaraan Umum Atau Pribadi
Mungkin cara ini sangat membutuhkan mental nekat dan kesabaran tingkat dewa, hanya dengan bermodalkan kedua hal tersebut, anda akan bisa mencapai tujuan meskipun membutuhkan waktu tiba yang sangat lama dan juga beresiko tinggi diturunkan ditengah jalan jika anda menumpang kendaraan umum seperti bus atau kereta atau diacuhkan begitu saja jika anda ingin menumpang kendaraan pribadi atau truk. Belum lagi anda akan menghadapi resiko nyasar dalam perjalanan, karena anda hanya mengikuti kemana arah kendaraan berjalan dan harus naik turun untuk mengganti kendaraan hingga akhirnya tujuan anda benar-benar sampai. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh para Hitch Hiking, berpergian ke suatu tempat dengan cara menumpang kendaraan umum atau pribadi.

 

8. Membawa Alat Musik Yang Memadai
Melakukan perjalanan jauh sambil mendengarkan musik merupakan perpaduan yang sangat harmonis untuk menghilangkan kejenuhan. Jika anda adalah orang yang tidak mempunyai uang sama sekali namun ingin travelling, sebaiknya anda cukup membawa alat musik gitar yang bisa membantu anda dalam keadaan darurat, baik itu gitar yang pada umumnya atau ukulele (gitar kecil), dengan catatan anda bisa bermain gitar walaupun skill permainan gitar anda sangat minim. Hal yang harus anda lakukan adalah menaiki bus yang sesuai dengan tujuan kota yang mau anda tuju, hal ini memang sangat beresiko diusirnya oleh sang sopir atau kondektur, karena tidak semua bus bisa menerima pengamen. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu oleh sang sopir atau kondektur, apakah anda boleh mengamen atau tidak, jika diperbolehkan, mulailah anda menyanyikan sebuah lagu sebagai pembuka yang kemudian dilanjutkan dengan beberapa lagu-lagu lainnya hingga sampai di tujuan anda. Waktu yang baik untuk memulai mengamen adalah ketika bus sudah memasuki jalan tol sebab sangat tidak mungkin anda akan di turunkan di jalan tol. Resiko lainnya yang akan anda hadapi adalah harus naik turun mencari bus lainnya untuk mengamen hingga akhirnya anda benar-benar sampai di tempat tujuan. Ini merupakan cara yang sangat cemerlang karena anda tidak harus membayar ongkos bus sementara anda mendapatkan uang dari para penumpang  hasil mengamen. Untuk cara ini sangat tidak berlaku di luar negeri.

 

9. Menggunakan Sepeda
Cara ini mungkin agak sedikit membutuhkan tenaga yang extra, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar (bensin) dan juga tidak mengeluarkan polusi, jika cara 1 – 9 tidak berhasil, menggunakan sepeda adalah pilihan terakhir bagi anda yang mau melakukan travelling tanpa harus mengeluarkan uang untuk transportasi, untuk makan atau tidur bisa menumpang di rumah warga setempat ketika anda melakukan sebuah perjalanan jauh, dalam hal ini sebaiknya anda melakukan pendekatan terlebih dahulu terhadap warga setempat sebelum menumpang menginap, namun akan lebih baik lagi jika anda membawa tenda kemping, nesting, kompor, gas kecil dan beberapa logistik untuk makan, anda bisa mencari tempat dengan ruangan yang tidak terlalu besar untuk membangun tenda sebagai tempat peristirahatan. Sebelum anda membuka tenda kemping sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada warga setempat apakah boleh kemping atau tidak sebab hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberap Tips And Trick untuk melakukan travelling keluar kota atau keluar negeri tanpa harus mengeluarkan uang sepersenpun dari kantong pribadi, semoga apa yang saya informasikan bisa bermanfaat buat para pembaca. Melakukan travelling tidak harus mengeluarkan uang yang begitu besar.


Salam Jabat Erat



Backpankers


Notes: Jika ingin copy paste tulisan ini harap sertakan sumber dari penulis, Photo hanyalah ilustrasi.


Posting Komentar

 
Support : Backpankers
Copyright © 2014. Backpankers - All Rights Reserved
Template Created by Backpankers Published by Backpankers