Home » » Curug Love: Keindahannya Ada Pada Goresan Bebatuan

Curug Love: Keindahannya Ada Pada Goresan Bebatuan

Written By Backpankers on Sabtu, 22 September 2018 | 02.56





Perjalanan saya kali ini adalah ke Curug Love atau disebut juga Curug Catang oleh warga setempat yang merupakan salah satu curug yang masih jarang dikunjungi orang banyak karena minimnya informasi. Letaknya yang sangat jauh dari perkotaan, berada di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini belum ada yang mengelolah sehingga tidak ada tiket masuk (gratis).

Dan untuk mencapai ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih dua jam perjalanan dari kota Bogor dengan medan jalan yang landai dan sudah teraspal baik. Untuk mencarinya pun tidaklah sulit karena lokasinya yang berdekatan dengan PT Antam Pongkor yang menjadi patokan jika menggunakan Gmap.

Keunikan dari Curug Love yang membuatnya berbeda dari curug-curug pada umumnya yang ada di wilayah Bogor adalah tempatnya yang bukan berada di lereng gunung atau bukit melainkan di tengah-tengah persawahan dan perkebunan yang di sekelilingnya bersandingkan bukit. Dan hanya membutuhkan waktu sepuluh menit trekking dari tempat parkiran sehingga tidak memerlukan tenaga ekstra.





Keindahan Curug Love adalah bentuk bebatuannya yang berkelok dan mengapit dengan goresan-goresan yang terbentuk alami akibat abrasi air yang mengalir di sepanjang lorong bebatuan serta air terjunnya yang berasal dari aliran air lereng bukit dengan ketinggian sekitar tiga meter. Dan di beberapa titik terdapat kolam-kolam yang kedalamannya sekitar satu setengah meter saat debit air tidak terlalu deras dengan warna air yang hijau. Namun jika musim hujan datang, maka debit air akan meninggi.

Sementara itu, di atas bebatuan Curug Love merupakan persawahan dan perkebunan sehingga tepi-tepi bebatuannya pun ditumbuhi oleh tanaman dan pepohonan serta terdapatnya selang-selang panjang yang airnya di manfaatkan oleh warga setempat untuk mengairi persawahan dan perkebunan. Sepintas Curug Love ini sangat mirip dengan Curug Putri yang ada di Pandeglang, Banten.

Dan waktu yang terbaik untuk mengunjungi salah satu wisata Indonesia yang berada di wilayah Bogor yang terbilang baru ini adalah pada pagi hari sekitar pukul delapan, karena sinar matahari yang membias akan menyinari lorong-lorong bebatuan yang mengapit serta warna airnya akan terlihat berbeda.

How To Get There ??.

Jika kamu berasal dari Jakarta menggunakan mobil atau motor, arahkan kendaraan ke Bogor dan gunakan Gmap dengan titik akhir perjalanan PT Antam Pongkor yang sebagai patokan. Jika sudah sampai di tempat tersebut anda harus menempuh sekitar 8 kilometer lurus ke depan ikuti jalan utama. Nanti akan melewati dua kali jembatan dan pada jembatan yang kedua bersebelahan dengan Indomart, belok ke kiri untuk memarkirkan kendaraan. Setelah itu, lanjut trekking selama 10 menit melewati persawahan..

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Backpankers
Copyright © 2014. Backpankers - All Rights Reserved
Template Created by Backpankers Published by Backpankers