Home » » Merayakan Kemerdekaan RI Di Air Terjun Cikaracak, Bogor.

Merayakan Kemerdekaan RI Di Air Terjun Cikaracak, Bogor.

Written By Backpankers on Selasa, 30 September 2014 | 09.04

Memasuki kemerdekaan Republik Indonesia yang sebentar lagi akan tiba, salah seorang teman dari Backpacker Jakarta menanyakan sebuah tempat yang tidak begitu jauh dari wilayah Jakarta dengan biaya yang tidak mahal, sontak gw langsung menjawab untuk pergi ke Air Terjun Cikaracak. Lokasi ini masih terbilang belum begitu komersil karena belum banyak orang yang tahu akan keberadaan Air Terjun Cikaracak yang terletak di wilayah Caringin, Bogor.

Tanggal 15 Agustus 2014, Pukul 14.00 WIB, gw langsung meluncur ke lokasi ini seorang diri untuk survey tempat, membaca situasi dan menghitung jarak, karena sebelumnya gw udah pernah kesini 2 tahun yang lalu bersama teman-teman ex kantor Indovision dengan kondisi jalan yang masih rusak (offroad).

Dengan melewati jalur Batu Tulis, Cijeruk kemudian Caringin, akhirnya gw tiba di lokasi dengan menempuh perjalanan 1.5 jam menggunakan sepeda motor. Air Terjun Cikaracak Terletak di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Berjarak 15 km dari Ciawi atau 5 km dari Talang 3 (Talang Air Cisempur) Jalan H.E. Sukma.

Dapat ditempuh dengan menggunakan mobil atau motor hingga Kampung Cibeling. Selanjutnya dari Kampung Cibeling dilteruskan dengan berjalan kaki 2 km melewati jalan setapak menyusuri pematang sawah, kebun, aliran air dan kawasan hutan Taman Nasional Gunung Gede. Waktu tempuh berjalan kaki ini sekitar 1, 5 jam perjalanan menuju lokasi air terjun.

Sedikit ngobrol-ngobrol dengan warga setempat di sebuah warung sambil memesan teh manis hangat berbalutkan udara dingin yang berhembus, tak lama kemudian gw meminta ijin untuk mengambil beberapa gambar untuk gw tunjukkan mengenai lokasi tersebut ke teman-teman Backpacker Jakarta saat kopdar untuk membahas Air Terjun Cikaracak.

Setelah mendapatkan semua hasil dari survey dan juga waktu yang sudah menunjukkan sore hari, gw langsung pamit ke warga setempat untuk pulang, mengambil jalur yang berbeda saat pulang ke rumah, gw melihat ada beberapa areal air terjun lainnya dan juga telaga warna di lokasi Caringin. Sepertinya di lokasi Caringan banyak terdapat air terjun yang belum banyak orang tahu.

Tanggal 17 Agustus 2014, Pukul 07.00 WIB, gw langsung meluncur ke stasiun bogor menggunakan motor untuk menunggu teman-teman dari Backpacker Jakarta yang sebagian sudah sampai di stasiun bogor sebagai tempat meeting point yang berjumlah 120 orang berasal dari wilayah Jabodetabek dengan berbagai usia.

Sambil menunggu teman-teman yang lain datang, beberapa orang berinisiatif untuk mencari angkot buat di charter ke lokasi air terjun, sempat terjadi perdebatan mengenai harga charter terhadap supir angkot karena pihak calo yang ikut campur dalam urusan tarif, karena hal tersebut kami menolak tarif yang sangat mahal yang diberikan oleh sopir angkot dengan alasan si calo minta jatah terhadap si sopir-sopir angkot yang mau kami charter.

Pukul 09.00 WIB, semua teman-teman dari Backpacker Jakarta sudah berkumpul di stasiun dan siap untuk meluncur ke lokasi, sementara angkot yang mau kami charter belum dapat karena tidak cocok dengan harga yang di berikan oleh sopir-sopir angkot, karena waktu yang mengharuskan kami berangkat, beberapa teman langsung mencari angkot lagi yang sesuai dengan harga charter yang kami berikan.

Akhirnya kami mendapatkan 9 angkot yang sesuai dengan harga yang kami berikan, teman-teman dari Backpacker Jakarta pun langsung memasuki angkot-angkot yang kami charter sesuai dengan grup nya masing-masing yang di bikin saat meeting point di stasiun bogor dan satu persatu angkot mulai meluncur ke lokasi.

Sementara gw naik motor sama herdie yang bertugas sebagai sweeper jika ada angkot yang ketinggalan dalam rombongan, dan juga sebagai penunjuk jalan, karena beberapa sopir angkot tidak mengetahui lokasi air terjun cikaracak. Sempat saling tunggu menunggu di Batu tulis yang kemudian melanjutkan perjalanan lagi.

Memasuki wilayah Cijeruk dengan trek menanjak, salah satu angkot ada yang mogok sementara angkot yang lain sudah jalan di depan, tepat di belakang ada satu angkot dari rombongan kami yang lewat dan berhenti untuk melihat kondisi, karena angkot yang mogok tidak bisa diperbaiki oleh si sopir, terpaksa kami memindahkan beberapa teman-teman ke angkot lain dan juga mobil, lalu kami melanjutkan perjalanan kembali.

Pukul 12.30 WIB, kami tiba di dusun Cibeling desa Cinagara, kebetulan di desa ini sedang ada perlombaan sebagai bentuk merayakan kemerdekaan republik indonesia yang di ikuti oleh anak-anak penduduk setempat, sementara teman-teman dari Backpacker Jakarta ada yang istirahat, makan siang dan sholat.

Karena waktu yang sudah mepet, Edy sang kordinator dari Backpacker Jakarta langsung memanggil teman-teman untuk berkumpul dan memulai berpetualang memasuki lokasi air terjun dengan berjalan kaki selama 1.5 jam, sementara gw sebagai penunjuk jalan berada di depan dari rombongan yang sudah di bentuk per grup.

Trekking pertama yang kami lewati adalah areal persawahan, meskipun cuaca saat itu sedang panas menyengat, namun terbayarkan oleh pemandangan panorama alam cikaracak yang begitu asri dan teman-teman dari Backpacker Jakarta sangat menikmati perjalanan ini sambil berphoto-photo ria, setelah melewati areal persawahan lanjut memasuki areal perkebunan dengan jalan setapak yang sudah di buat oleh warga setempat.

Pepohonan yang rimbun dengan daun-daun yang hijau seolah-olah menghipnotis perjalanan kami yang tak lama kemudian kami melewati aliran air dari air terjun yang begitu dingin dan segar, satu persatu teman-teman aliran air namun ada beberap dari mereka yang terpeleset jatuh karena menginjak batu-batu yang sangat licin.

Setelah itu kami memasuki hutan taman nasional gunung gede dengan jalan setapak, terlihat ada beberapa spot yang longsor namun di buat jembatan dari batang kayu oleh warga setempat, setelah keluar dari hutan kami melewati aliran air lagi yang tidak begitu dalam kemudian memasuki hutan belantara lagi dan juga melewati batu-batu besar yang memacu adrenalin.

Setelah berjalan cukup lama akhirnya kami tiba di lokasi air terjun dengan medan banyak batu-batu besar yang sangat licin, batang pohon yang tumbang, air segar yang mengalir dari air terjun dan pepohonan yang begitu rimbun. Beberapa teman-teman ada yang istirahat karena lelahnya perjalanan, ada yang makan, ada yang langsung bermain air sambil bercanda ria, dan juga ada yang langsung mengambil dokumentasi.

Ya...teman-teman dari backpacker jakarta sedang menyerbu air terjun cikaracak, bayangkan saja tempat yang tidak begitu luas, berbatu serta penuh tantangan dan memacu adrenalin mampu menampung teman-teman Backpacker Jakarta sebanyak 120 orang untuk merayakan kemerdekaan republik indonesia yang ke 69.

Tak lama kemudian kami berkumpul di tengah-tengah sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya dan beberapa lagu nasional lainnya disertai dengan pengibaran bendera merah putih yang berbalutkan suara gemuruh air terjun yang jatuh ke tanah, tampak kesenangan yang menghinggap di masing-masing wajah teman-teman Backpacker Jakarta.

Selesai merayakan kemerdekaan, kami langsung sibuk masing-masing, ada yang bermain air, berphoto-photo, ngobrol-ngobrol, menahan dingin, yang terjatuh dan lain sebagainya. Sangat banyak cerita yang tak bisa di ungkapkan dengan kata-kata saat mengunjungi air terjun cikaracak.

Pukul 16.30 WIB, kami harus segera kembali ke lokasi parkiran kendaraan mengingat perjalanan yang harus kami tempuh sangat jauh, menjelang sore hari pemandangan areal cikaracak begitu indah, pepohonan yang rimbun di campur dengan bias cahaya sunset yang merah merona dan juga langit yang sudah mau gelap menandakan pergantian waktu sudah tiba. Perjalanan yang sangat panjang dan penuh tantangan namun terbayarkan dengan panorama alam cikaracak yang begitu asri.

How To Get There ??

Jika Anda dari Jakarta menggunakan mobil masuk tol jurusan Bogor lalu keluar di pintu tol Bogor yang menuju Terminal Baranangsiang, arahkan mobil anda ke arah Batu Tulis, ikutin jalan nanti ada pertigaan lalu belok kanan yang ke arah Cijeruk lalu Caringin lurus terus ikutin jalan utama sampai ketemu pertigaan jalan raya sukabumi, anda belok kanan lurus terus ikutin jalan sampai memasuki Cisempur dan lihat plang petunjuk lokasi Curug Cikaracak lalu belok kiri lurus terus sampai ujung aspal, lalu parkirkan kendaraan anda di rumah warga yang kemudian dilanjutkan dengan trekking berjalan kaki selama 1,5 jam (normal), di lokasi ini tidak dikenakan biaya masuk (gratis) hanya saja anda harus membayar uang parkir kendaraan anda secara sukarela, Air Terjun Cikaracak ini sangat cocok untuk anda yang sangat menyukai tantangan dan memacu adrenalin.